Selasa, 08 September 2015

Bentuk ,Ukuran dan Gambar Lapangan Futsal

Ukuran dan gambar lapangan futsal.

ukuran lapangan futsal
Bentuk Lapangan Futsal

Olah raga futsal sangat digemari oleh semua kalangan ,perkembangan olah raga futsal sangat pesat.Terbukti dengan menjamurnya bisnis penyewaan lapangan futsal yang hampir tidak pernah sepi dari pagi hingga larut malam.Apalagi menjelang liburan yaitu hari sabtu atau minggu sudah dapat dipastikan lapangan futsal dipenuhi para pecinta olahraga ini.
Berikut ini informasi tentang bentuk serta ukuran lapangan futsal untuk menambah wawasan anda tentang olah raga ini , gak lucu dong ngakunya pecinta futsal tapi gak ngerti standart ukuran lapangannya.

Lapangan futsal bentuknya persegi panjang dengan ukuran :


* Panjang  : 25 -  42 m

* Lebar      : 15  - 25 m

Untuk ukuran Standart Internasional  :

* Panjang     :  38  -  42 m

* Lebar         : 18  -  25 m

Tanda Tanda Lapangan   :


1. Di sekeliling lapangan ditandai dengan garis pembatas ,garis pembatasyang berukuran panjang           disebut garis samping  ( touch line ) sedangkan garis yang lebih pendek  adalah garis gawang.             ( goal     line ).
2. Lebar garis pembatas 8 cm.
3. Lapangan dibagi dua bagian sama besar kemudian diberi garis , garis ini biasa disebut garis tengah.
4. Titik tengah ditandai dengan titik tepat ditengah lapangan kemudian dibuat lingkaran dengan titik       sumbu titik tengah tersebut.diameternya adalah 6 m.

Area Pinalty

Daerah didepan gawang yang ditandai oleh garis setengah lingkaran disebut daerah pinalty. penentuanya adalah sebagai berikut :

Buatlah dua garis seperempat lingkaran dengan jari jari 6 m didalam lapangan dengan titik sumbu setiap tiang gawang.
salah satu ujung seperempat lingkaran meyatu dengan garis gawang.ujung lainya tepat didepan gawang.ujung yang berada didepan gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 m. didapat darijumlah lebar gawang dan diameter ketebalandua buah tiang gawang.
       
Gawang

Bentuk dari penampang tiang gawang yang diperbolehkan adalah kotak atau lingkaran ,lebih dianjurkan penampang lingkaran karena aman jika terjadi benturan dengan pemain dan hasil pantulan bolanya lebih akurat.

Untuk jaring gawangnya berbahan nilon yang dikat ke tiang gawang dan palang gawang.Kedalamanya adalah 80 cm untuk bagian atasnya sedangkan bagian bawahnya 100 cm.

Titik pinalty Pertama.

Posisinya terletak 6 meter dari titik tengah antara dua tiang gawang.

Titik Pinalty  Kedua

Berjarak 10 meter dari titik tengah antara kedua tiang gawang.

Daerah Bebas

Adalah daerah yang terletak 5 m dari sekeliling garis tengah lapangan.Daerah ini harus bebas pandangan ke lapangan karena disisi luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketida dan pencatat waktu.jarak wasit ketiga ini minimal 3 m dari garis tepi lapangan.

Daerah tendangan sudut

Di setiap ujung ujung lapangan dibuat seperempat lingkaran dengan jari jari 25 cm.

Daerah Pergantian pemain 

Lima meter setelah garis bebas adalah garis pergantian pemain. daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping.lebarnya 8cm dan panjangnya 80 cm . ( 40  cm didalam lapangan 40 cm lagi diluar lapangan.

Permukaan Lapangan futsal.

Lantai yang akan dipasang rumput sintetis atau interlock harus rata , kering dan kuat.

Ketentuan :

  • Jika garis gawang antara 15 - 16 m. radius seperempat lingkaran hanya diukur 4 m.Dalam hal ini titik pinalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi olehdaerah pinalty.tapi berada pada jarak 6m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.
  • Garis dapat digambarkan diluar lapangan ,5 m dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini dapat diamati bila tendagan sudut dilakukan.lebar garis ini 8 cm.
  • Dua garis tambahan dan masing masing jarak 5m pada kanan dan kiri titik pinalty kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik kedua.
  • Tempat duduk pemain cadangan berada dibelakang garis pembatas lapangan , tepat di samping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu. ( time keeper ).

Team Marketing :

Widodo  

Hp : 085775128847

Pin BB  : 51935079

Andi

Hp : 08176647905

Pin BB  : 7ECFAAB5

Andi Lala

Hp : 081210844040

Pin BB  : 7 CD10B20

Masrun

Hp : 081310984430










Tidak ada komentar:

Posting Komentar